Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

| Jumat, 28 November 2014
Computer suported cooperative work

Computer Supported Cooperative Work (CSCW) adalah sebuah istilah generik yang menggabungkan pemahaman cara orang bekerja dalam kelompok dengan teknologi pendukung brupa jaringan komputer, perangkat keras, perangkat lunak, layanan dan teknik. Dalam hal ini CSCW menyebarluaskan haisl penelitian yang inovatif serta memberikan sebuah forum interdisipliner untuk perdebatan dan pertukaran gagasan tentang teori, masalah-masalah praktis, teknis dan sosial. salah satu contoh sistem CSCW ini adalah electronic mail (email). Email ini merupakan sistem CSCW yang bersifat asynchronous yang tidak mengharuskan user bekerja pada waktu yang bersamaan. Sedangkan CSCW synchronous membutuhkan partisipasi simultan dari para usernya. Dalam hal ini terdapat perbedaan utama antara sistem CSCW dengan sistem interaksi individual, yaitu tidak dapat diabaikannya aspek sosial kelompok dari user yang tergabung.  
Dari paparan diatas dapat diartikan bahwa Computer Supported Cooperative Work atau yang biasa disingkat CSCW adalah penggunaan komputer dan software untuk melaksanakan pekerjaan secara bersama dalam sebuah group, dimana setiap anggota group tersebut menyadari kehadiran anggota lain pada group. CSCW ini digunakan unutk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan bagaiman acara memahami dampak dari suatu teknologi pada pola pekerjaan mereka. CSCW bertumpu pada sociology-computing. Sistem kompute CSCW mendukung pekerjaan para anggota sebagai suatu group yang dikenal dengan istilah groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Mungkin salah satu contohnya penerapan CSCW pada bidang pendidikan yaitu dimana para siswa melakukan kelas virtual dan saat itu sedang mengerjakan ulangan harian dimana para siswanya saat melakukannya tidak benar-benar berada di kelas tetapi bisa dimana saja yang memungkinkan siswa tersebut untuk bisa terhubung pada suatu jaringan. Contoh lainnya yaitu fasilitas chating dimana seseorang bisa berdiskusi melalui antarmuka teks tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut, CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.
Contoh yang digunakan pada CSCW, antara lain :
1.       Kolaborasi para Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek.
2.      Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama.
3.       Programmer suatu sistem secara bersamaan.
4.      Bekerja sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi.
5.      Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay.
CSCW seringkali diasumsikan sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah groupware. CSCW lebih sering berorientasi pada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara lain :
1.       Komunikasi yang normal antar manusia
-komunikasi face-to-face
-Percakapan
2.      Komunikasi berbasis teks
Komunikasi face-to-face tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata.
-Personal space;
-Kontak dan tatapan mata;
-Gerak isyarat dan bahasa tubuh;
-Back Channel

-Turn-taking 


SUMBER :
http://xiaolichen14.wordpress.com/2012/11/02/cscw-computer-supported-cooperative-work/

http://www.slideshare.net/yayangpeterfoundeven/cscw

http://bloganakfilkom.blogspot.com/2010/04/pengertian-computer-supported.html

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲