TEORI KEPRIBADIAN SEHAT_ABRAHAM MASLOW

| Selasa, 31 Maret 2015

TULISAN 4 (KESEHATAN MENTAL)
NAMA          : MAHARANI
KELAS            : 2PA03
NPM               : 15513216

          Maslow memaparkan 2 point penting mengenai kepribadian yang sehat. Menurutnya dalam pembahasa ini terdapat dua hal penting yaitu : 1) Individu sebagai kesatuan terpadu; dan 2) Hirariki kebutuhan :
       1)      Individu sebagai Kesatuan Terpadu
       Maslow menekankan bahwa individu            merupakan kesatuan yang terpadu dan         terorganisasi, sehingga membuat                  motivasi seseorang dalam melakuakn            sesuatu berasal dar motivsi individu              seutuhnya bukan bagian darinya.                  Menurut maslow manusia harus diselidiki sebagai sesuatu yang totalitas, sebagai suatu        system, setiap bagian tidak dapat dipisahkan dengan bagian yang lain. Pernyataan ini          hampir menjadi aksioma yang diterima oleh semua orang, yang kemudian sering                dilupakan dan diabaikan tatkala seseorang melakukan penelitian. Penting sekali untuk        selalu disadarkan kembali hal ini sebelum seseorang melakukan eksperimen atau                  menyusun suatu teori motivasi yang sehat.
      2)    Hirarki Kebutuhan
      Maslow mengembangkan teori tentang bagaimana semua motivasi saling berkaitan. Ia       menyebut teorinya sebagai “hirarki kebutuhan”. Kebutuhan ini mempunyai tingkat           yang berbeda-beda. Ketika satu tingkat kebutuhan terpenuhi atau mendominasi,               orang tidak lagi mendapat motivasi dari kebutuhan tersebut.. Maslow membagi                   tingkatan kebutuhan manusia menjadi lima karakteristik, sebagai berikut :
      ·       Kebutuhan Fisiologis
                Yaitu kebutuhan manusia yang paling mendasar untuk mempertahankan hidupnya             secara fisik (makanan, minuman, tempat tinggal, seks, tidur, istirahat, dan udara).               Seseorang yang mengalami kekurangan makanan, harga diri, dan cinta, pertama-                 tama akan mencari makanan terlebih dahulu. Bagi orang yang berada dalam keadaan           lapar berat dan membahayakan, tak ada minat lain kecuali makanan. Tidak                           diragukan lagi bahwa kebutuhan fisiologis ini adalah kebutuhan yang paling kuat                 dan mendesak. Ini berarti bahwa pada diri manusia yang sangat merasa kekurangan             segala-galanya dalam kehidupannya, besar sekali kemungkinan bahwa motivasi yang           paling besar ialah kebutuhan fisiologis dan bukan yang lain-lainnya. Dengan kata               lain, seorang individu yang melarat kehidupannya, mungkin sekali akan selalu                     termotivasi oleh kebutuhan-kebutuhan ini.
          ·        Kebutuhan akan rasa aman
               Setelah kebutuhan dasariah terpuaskan, muncullah apa yang digambarkan Maslow               sebagai kebutuhan akan rasa aman/ keselamatan (kemantapan, perlindungan,                     kebebasan dari rasa takut, cemas dan kekalutan, kebutuhan akan struktur,                           ketertiban, hukum, batas-batas). Kebutuhan ini dapat kita amati pada seorang                     anak. Untuk pribadi yang sehat, kebutuhan rasa aman tidak berlebih-lebihan atau               selalu mendesak. Kebanyakan diantara kita ini tidak menyerah atau sama sekali                    tunduk kepada kebutuhan-kebutuhan rasa aman, tetapi dalam pada itu juga kita                  merasa tidak puas kalau jaminan dan stabilitas sama sekali tidak ada.
           ·        Kebutuhan sosial
                Selanjutnya kebutuhan sosial (kebutuhan akan rasa memiliki-dimiliki, saling                        percaya, cinta, dan kasih sayang akan menjadi motivator penting bagi perilaku).                  Pada tingkat kebutuhan ini,belum pernah sebelumnya, orang akan sangat                            merasakan tiadanya seorang sahabat, kekasih, isteri, suami, atau anak-anak. Ia haus              akan relasi yang penuh arti dan penuh kasih dengan orang lain pada umumnya. Ia              membutuhkan terutama tempat (peranan) di tengah kelompok atau                                    lingkungannya, dan akan berusaha keras untuk mencapai dan mempertahankannya.
                Maslow percaya bahwa makin lama makin sulit memuaskan kebutuhan akan                        memiliki dan cinta kerena mobilitas kita.begitu sering kita berganti rumah,                         tetangga, kota, bahkan pathner, sehingga kita tidak dapat berakar. Kita tidak cukup             lama berada disuatu tempat untuk mengembangkan perasaan yang memiliki.                     Banyak orang dewasa merasakan kesepian dan terisolasi, meskipum mereka hidup                ditengah-tengah orang banyak.
           ·        Kebutuhan akan penghargaan
                Kebutuhan ini terbagi menjadi kebutuhan akan penghargaan secara internal dan                  eksternal. Yang pertama internal, mencakup kebutuhan akan harga diri,                              kepercayaan      diri, kompetensi, penguasaan, kecukupan, prestasi,                                        ketidaktergantungan, dan kebebasan (kemerdekaan). Yang kedua eksternal,                        menyangkut penghargaan dari orang lain, prestise, pengakuan, penerimaan,                        ketenaran, martabat, perhatian, kedudukan, apresiasi atau nama baik. Orang yang                memiliki cukup harga diri akan lebih percaya diri. Dengan demikian ia akan lebih                berpotensi dan produktif. Sebaliknya harga diri yang kurang akan menyebabkan                  rasa rendah diri, rasa tidak berdaya, bahkan rasa putus asa serta perilaku yang                        neurotik. Kebutuhan ini tidak bisa ditukar dengan sebungkus nasi goreng atau                    sejumlah uang karena kebutuhan akan hal-hal itu telah terpuaskan.
           ·        Kebutuhan akan aktualisasi diri
                Menurut Maslow, setiap orang harus berkembang sepenuh kemampuannya.                        Kebutuhan manusia untuk tumbuh berkembang, dan menggunakan                                   kemampuannya disebut oleh Maslow sebagai aktualisasi diri. Kebutuhan akan                      aktualisasi diri ini biasanya muncul setelah kebutuhan akan cinta dan akan                           penghargaan terpuaskan secara memadai. Kebutuhan akan aktualisasi diri ini                       merupakan aspek terpenting dalam teori motivasi Maslow. Dalam konteks ini,                     piramida kebutuhan Maslow yang berangkat dari titik tolak kebutuhan fisiologis                 hingga aktualisasi diri diputarbalikkan. Dengan demikian perilaku organisme yang               diharapkan bukanlah perilaku yang rakus dan terus-menerus mengejar pemuasan               kebutuhan, melainkan perilaku yang lebih suka memahami daripada dipahami,                    memberi daripada menerima.

Dalam teorinya mengenai teori kepribadian sehat, Maslow berpendapat bahwa seseorang akan memiliki kepribadian yang sehat, apabila dia telah mampu untuk mengaktuaisasika dirinya secara pebuh (self actualization person). Maslow mengemukakan teori motivasi bagi self actualization-needs person, dengan nama metamotivation (B-motivation/kebutuhan untuk berkembang).  Sedangkan motivasi bagi orang yang tidak mampu mengaktualisasikan dirinya disebut dengan D-motivation/deficiency. Di bawah ini terapat ciri-ciri metaneeds dan metapologi, yaitu :
         §      Metaneeds
          Sikap percaya, bijak, baik, indah (estetis), kesatuan (menyeluruh), energik dan                     optimis, pasti, lengkap, adil dan altruis, berani sederhana (simple).
         §      Metapologis
          Tidak percaya, sinis dan skeptic, benci dan memuakkan, vulgar dan mati rasa,                       disintegrasi, kehilangan semangat hidup, pasif dan pesimis, kacau dan tiak dapat                   diprediksi, tidak lengkap dan tidak tuntas, suka marah-marah, tidak adil suka                       marah-marah, tidak adil dan egois, rasa tidak aman dan memerlukan bantuan,                     sangat komplek dan membingungkan.

Dalam hal ini, maslow mengemukakan 11 ciri-ciri orang yang memiliki mental yang sehat atau biasa disebut dengan self-actualizing person, sebagai berikut :
1)  Mempersepsi kehidupan atau dunianya sebagaimana apa adanya, dan merasa nyaman dalam menjalaninya;
2)       Menerima dirinya sendiri, orang laindan lingkungannya;
3)       Bersikap spontan, sederhana, alami, bersikap jujr, tidak dibuat-buat dan terbuka;
4)    Mempunyai komitmen atau dedikasi untuk memecahkan masalah di luar dirinya (yang dialami orang lain);
5)       Bersikap mandiri atau independen;
6)       Memiliki apresiasi yang segar terhadap lingkungan di sekitarnya;
7)    Mencapai puncak pengalaman, yaitu suatu keadaan dimana seseorang mengalami kegembiraan yang luar biasa. Pengalaman ini cenderung lebih bersifat mistik atau keagamaan;
8)       Memiliki minat social, simpati, empati dan altruis;
9)      Sangat senang menjalin hubungan interpersonal (persahabatan atau persaudaraan) dengan orang lain;
10)   Bersikap demokratis (toleran, tidak rasialis, dan terbuka);
11)      Kreatif (fleksibel, spontan, terbuka dan tidak takut salah);

Pandangan maslow tentang hakikat manusia yaitu manusia bersifat optimistik, bebas berkehendak, sadar dalam memilih, unik, dapat mengatasi pengalaman masa kecil, dan baik. Menurutnya kepribadian itu dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan. Dalam kaitannya dengan peran lingkungan, khususnya di sekolah dalam mengembangkan self-actualization, Maslow mengemukakan beberapa upaya yang sebaiknya membantu siswa menemukan identitasnya (jati dirinya) sendiri. Diantaranya:
           1)      Membantu siswa untuk mengeksplorasi pekerjaan;
           2)    Membantu siswa untuk memehami keterbatasan (nasib) dirinya;
           3)     Membantu siswa untuk memperoleh pemahaman tentang nilai nilai;
           4)    Membantu siswa agar memahami bahwa hidup ini berharga;
           5)    Mendorng siswa agar mencapai pengalaman puncak dalam kehidupannya;
          6)     Memfasilitasi siswa agar dapat memuaskan kebutuhan dasarnya (rasa aman, rasa                  berharga, dan rasa diakui).

Konsep yang mendasar bagi teori maslow adalah manusia di motivasikan oleh sejumlah kebutuhan dasar yang bersifat sama untuk seluruh spesies, tidak berubah dan berasal dari sumber genetis atau naluriah. Kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak semata-mata bersifat fisiologis tetapi juga psikologis. Kebutuhan-kebutuhan itu merupakan inti dari kodrat manusia, hanya saja manusia lemah dan mudah diselewengkan dan dikuasai oleh proses belajar, kebiasaan atau tradisi yang keliru. Kebutuhan-kebutuhan itu adalah aspek instrinsik kodrat manusia yang tidak akan mati karena kebudayaan. Suatu kebutuhan dapat dikatakan sebagai kebutuhan dasar jika memenuhi 5 syarat sebagai berikut :
1)      Ketidak-hadirannya menimbulkan penyakit;
2)    Kehadirannya mencegah timbulnya penyakit;
3)     Pemulihannya menyembuhkan penyakit;
4)   Dalam situasi tertentu yang sangat komplek dan dimana orang bebas memilih, orang yang sedang berkekurangan ternyata mengutamakan kebutuhan itu dibandingkan jenis-jenis kepuasan lainnya;
5) Kebutuhan itu tidak aktif, lemah atau secara fungsional tidak terdapat pada  orang yang sehat.


REFERENSI

Schultz, D.psikologi pertumbuhan : model – model kepribadian sehat. Yogyakarta: kanisius, 1991.





0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲