Berbicara mengenai manajemen dalam organisasi, tentu kita
harus mengetahui terlebih dahulu apa itu organisasi dan apa itu manajemen. Dalam
arti statis, organisasi merupakan wadah atau tempat kegiatan administrasi dan
manajemen berlangsung. Dengan gambaran yang jelas tentang hierarki daripada kedudukan, jabatan wewenang dan tangung jawab. Namun,
dalam arti dinamis, organisasi pandang sebagai suatu proses
kerjasama antara orang-orang yang tergabung dalam suatau wadah tertentu umtuk
mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan secara bersama pula.
Manajemen adalah ilmu dan seni. Kata manajemen berasal dari bahasa inggris manage yang artinya mengelola atau
mengurus, mengendalikan, mengusahakan serta memimpin. Manajemen merupakan sebuah
proses pencapaian suatu tujuan organisasi yang dilakukan oleh pihak yang satu
dengan pihak lainnya dalam rangka melaksanakan fungsi- fungsi manajemen dengan mengembangkan
sumber daya yang dimiliki organisasi tersebut.
Dalam hal ini, ada dua tokoh yang mengemukakan opini
mengenai fungsi utama dalam proses
manajemen, diantaranya :
Newman (Ibid, 11) :
ü Perencanaan (Planning);
ü Pengorganisasian (Organizing)
ü Pengumpulan Sumber (Asembling Resources);
ü Pengendalian Kerja (Supervising); dan
ü Pengawasan (Controlling).
Namun, fungsi manajemen yang lebih dikenal dan biasa
digunakan oleh organisasi-organisasi adalah fungsi manajemen yang di kemukakan
oleh
George Tery (Ibid, 20)
:
ü Perencanaan (Planning)
ü Pengorganisasian (Organization)
ü Penggerakan pelaksanaan (Actuating)
ü Pengawasan (Controlling)
Dari kedua opini tersebut, secara keseluruhan menempatkan
perencanaan (Planning) pada urutan pertama, mengapa ? hal ini dikarenakan bahwa
perencanaan adalah hal yang paling
penting dalam fungsi manajemen.
Umumnya, dalam sebuah perusahaan jenis jenis manajmen
dibagi menjadi 4 antara lain :
ü Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM);
Proses yang menangani masalah-masalah yang ada dalam
lingkup pegawai, karyawan, manajer, buruh hingga manaer serta tenaga kerja yang
lain agar bisa menunjang kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan
yang sudah ditentukan. Umumnya, unit atau bagian yang menangani sumber daya
manusia ialah departemen sumber daya manusia (human resource department/HRD).
Usaha pengelolaan secara maksimal penggunan semua faktor
produksi yang ada baik itu tenaga kerja (SDM), mesin, peralatan, raw material
(bahan mentah) dan faktor produksi yang lainnya dalam proses tranformasi untuk
menjadi berbagai macam produk barang atau jasa.
ü Manajemen Pemasaran;
dan
Proses managemen yang meliputi kegiatan pengananalisa,
perencanan, pelaksanaan serta pengawasan aktivitas pemasaran yang dijalankan
oleh perusahaan.
Manajemen keuangan merupakan upaya penyediaan uang dan
mempergunakan dana tersebut untuk mendapatkan aset (aktiva). Mengelola semua
kativis entitas bisnis (organisasi) dalam kerangkapenggunaan erta pengalokasian
dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efesien.
Penilaian adalah fungsi organik administrasi dan manajemen
yang terakhir. Definisinya ialah “Proses pengukuran dan pembandingan dari
hasil-hasil pekerjaan yang nyatanya dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya
dicapai”.
Penilaian sebagai salah satu fungsi manajemen yang berurusan
dan berusaha untuk mempertanyakan efektifitas dan efesiensi pelaksanaan dari
suatu rencana sekaligus mengukur se-objektif mungkin hasil-hasil pelaksanaan
itu dengan ukuran-ukuran yang dapat diterima pihak-pihak yang mendukung maupun
yang tidak mendukung sesuatu rencana.
Jadi, pembahasan mengenai psikologi menajemen dapat ditarik
suatu kesimpulan mengenai definisi manajemen yaitu serangkaian kegiatan yang merencanakan,
mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan, dan mengembangkan segala upaya
dalam mengatur dan mendaya gunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana
untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan secara efektif dan
efisien.
Sumber :
http://www.kajianpustaka.com/2012/11/pengertian-fungsi-tingkatan-manajemen.html
Ramadhan, R. (2012, Desember). PENTINGNYA
KOMUNIKASI DALAM SEBUAH ORGANISASI. Dipetik Oktober 30, 2013, darihttp://resturamadhandream.blogspot.com/2012/12/pentingnya-komunikasi-dalam-sebuah.html
0 komentar:
Posting Komentar