Pengantar Psikologi Manajemen

| Jumat, 02 Oktober 2015

Berbicara mengenai manajemen dalam organisasi, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu organisasi dan apa itu manajemen. Dalam arti statis, organisasi merupakan wadah atau tempat kegiatan administrasi dan manajemen berlangsung. Dengan gambaran yang jelas tentang hierarki daripada kedudukan, jabatan wewenang dan tangung jawab. Namun, dalam arti dinamis,  organisasi pandang sebagai suatu proses kerjasama antara orang-orang yang tergabung dalam suatau wadah tertentu umtuk mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan secara bersama pula.

Manajemen adalah ilmu dan seni. Kata manajemen berasal dari bahasa inggris manage yang artinya mengelola atau mengurus, mengendalikan, mengusahakan serta memimpin. Manajemen merupakan sebuah proses pencapaian suatu tujuan organisasi yang dilakukan oleh pihak yang satu dengan pihak lainnya dalam rangka melaksanakan fungsi- fungsi manajemen dengan mengembangkan sumber daya yang dimiliki organisasi tersebut.

Dalam hal ini, ada dua tokoh yang mengemukakan opini mengenai fungsi utama dalam proses manajemen, diantaranya :

Newman (Ibid, 11) :
ü  Perencanaan (Planning);
ü  Pengorganisasian (Organizing)
ü  Pengumpulan Sumber (Asembling Resources);
ü  Pengendalian Kerja (Supervising); dan
ü  Pengawasan (Controlling).

Namun, fungsi manajemen yang lebih dikenal dan biasa digunakan oleh organisasi-organisasi adalah fungsi manajemen yang di kemukakan oleh

George Tery (Ibid, 20) :
ü  Perencanaan (Planning)
ü  Pengorganisasian (Organization)
ü  Penggerakan pelaksanaan (Actuating)
ü  Pengawasan (Controlling)

Dari kedua opini tersebut, secara keseluruhan menempatkan perencanaan (Planning) pada urutan pertama, mengapa ? hal ini dikarenakan bahwa perencanaan adalah hal yang paling penting dalam fungsi manajemen.

Umumnya, dalam sebuah perusahaan jenis jenis manajmen dibagi menjadi 4 antara lain :

Proses yang menangani masalah-masalah yang ada dalam lingkup pegawai, karyawan, manajer, buruh hingga manaer serta tenaga kerja yang lain agar bisa menunjang kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan. Umumnya, unit atau bagian yang menangani sumber daya manusia ialah departemen sumber daya manusia (human resource department/HRD).
Usaha pengelolaan secara maksimal penggunan semua faktor produksi yang ada baik itu tenaga kerja (SDM), mesin, peralatan, raw material (bahan mentah) dan faktor produksi yang lainnya dalam proses tranformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang atau jasa.
Proses managemen yang meliputi kegiatan pengananalisa, perencanan, pelaksanaan serta pengawasan aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan.
Manajemen keuangan merupakan upaya penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk mendapatkan aset (aktiva). Mengelola semua kativis entitas bisnis (organisasi) dalam kerangkapenggunaan erta pengalokasian dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efesien.

Penilaian adalah fungsi organik administrasi dan manajemen yang terakhir. Definisinya ialah “Proses pengukuran dan pembandingan dari hasil-hasil pekerjaan yang nyatanya dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai”.

Penilaian sebagai salah satu fungsi manajemen yang berurusan dan berusaha untuk mempertanyakan efektifitas dan efesiensi pelaksanaan dari suatu rencana sekaligus mengukur se-objektif mungkin hasil-hasil pelaksanaan itu dengan ukuran-ukuran yang dapat diterima pihak-pihak yang mendukung maupun yang tidak mendukung sesuatu rencana.

Jadi, pembahasan mengenai psikologi menajemen dapat ditarik suatu kesimpulan mengenai definisi manajemen yaitu serangkaian kegiatan yang merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan, dan mengembangkan segala upaya dalam mengatur dan mendaya gunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Sumber :
http://www.kajianpustaka.com/2012/11/pengertian-fungsi-tingkatan-manajemen.html
Ramadhan, R. (2012, Desember). PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM SEBUAH ORGANISASI. Dipetik Oktober 30, 2013, darihttp://resturamadhandream.blogspot.com/2012/12/pentingnya-komunikasi-dalam-sebuah.html




0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲