#SIP Design Aplikasi Psikologi

| Kamis, 01 Desember 2016

TES KEPRIBADIAN

Image result for kepribadian
    Kepribadian adalah sesuatu yang unik dan spesifik. Setiap orang memiliki pribadi yang unik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kata kepribadian berasal dari kata Latin yaitu “persona” yang berarti topeng. Para aktor di Yunani Kuno mengenakan topeng untuk menggambarkan perilaku, watak atau pribadi seseorang yang memiliki referensi asli atau palsu pada karakternya dalam penampilannya di panggung (Madhava dan Rao, 2008).

    Menurut Yinger (dalam Maryati dan Suryawati, 2001), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi tertentu. Ungkapan sistem kecenderungan tertentu tersebut menyatakan bahwa setiap orang mempunyai cara berperilaku yang khas, seperti sikap, bakat, adat, kecakapan, kebiasaan, dan tindakan yang sama setiap hari. Sementara ungkapan interaksi dengan serangkaian situasi menyatakan bahwa perilaku merupakan produk gabungan dari kecenderungan perilaku individu dan situasi perilaku yang dihadapi individu tersebut.

   Dapat disimpulkan bahwa kepribadian adalah ciri atau karakter yang ada pada tiap individu yang secara konsisten baik itu tampak ataupun tidak tampak dengan keunikan tiap individu yang membedakannya antara satu orang dengan orang lainnya. Karakter atau ciri-ciri ini dianggap sebagai suatu organisasi dinamis yang ada di dalam individu sebagai suatu sistem psikofisis yang menentukan individu tersebut dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
















REFERENSI

Madhava, K., & Rao, D.B. (2008). Personality of adolescent students. New Delhi: Discovery                Publishing House Pvt. Ltd.
Maryati, K., & Suryawati, J. (2001). Sosiologi: untuk SMA dan MA Kela X. Jakarta: Esis Erlangga.
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwihtpLh5tLQAhXHrI8KHe9dAtIQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Ffactinformationtruth.blogspot.com%2F2013%2F06%2F1-kepribadian-dasar-manusia-four.html&psig=AFQjCNFtDl_8pVl5IMtAzP6Rcjz1u8BUYQ&ust=1480674887121923

0 komentar:

Posting Komentar

Prev
▲Top▲