#SIP Etika Menulis Online

| Kamis, 06 Oktober 2016

Image result for etika


Pesatnya perkembangan zaman dibidang teknologi, pengetahuan, komunikasi & informasi membuat kita sebagai manusia secara tidak sadar telah mengikuti arus perkembangan tersebut dan mungkin memang mau tidak mau harus mengkuti perkembangan zaman. Berbicara mengenai perkembangan dibidang teknologi, pengetahuan, komunikasi & informasi berarti berbicara mengenai internet. Saat ini pasti sudah banyak yang mengenal internet dan merasakan kemudahan yang didapat dalam menggunakan internet untuk mengetahui apapun. Internet memudahkan manusia dalam berkomunikasi dengan orang lain meski dengan jarak waktu maupun tempat yang sangat jauh. Banyak hal yang dapat kita lakukan menggunakan internet. Menulis online merupakan satu dari sekian ribu cara manusia dalam memanfaatkan internet. Dalam menulis online seseorang dapat berbagi informasi, berbagi cerita, berbagi pengetahuan bahkan dengan menulis online seseorang bisa mendapatkan penghasilan tambahan jika tulisan tersebut menarik perhatian banyak orang.

Dalam menulis online, sudah pasti punya etika-etika tersendiri agar tulisan yang kita buat tidak merugikan pihak lain. Etika berarti berbicara mengenai baik buruknya moral seseorang. Menurut Kasinius (2003) etika merupakan nilai-niai dan norma-norma moral yang dipakai seseorang atau suatu kelompok sebagai pegangan bagi tingkah lakunya. Etika menurut Simorangkir (dalam Isnanto, 2009) adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Etika secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
§      Etika umum
kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
§      Etika khusus
penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis online yang berhubungan dengan etika menurut Kallos (2004), Strawbridge (2006) dan Anonim (2012) diantaranya adalah :
§      Setiap kalimat maksimal terdiri dari 65 karakter huruf
§      Hindari bentuk standar non bahasa Inggris, seperti txt atau l33t
§      Jika Anda memilik itanda tangan yang secara otomatis ditambahkan kesetiap email yang Anda kirim, pastikan maksimal harus enam baris dan masing-masing memiliki 70 karakter
§      Lakukan email bisnis secara singkat dan to the point
§      Jangan gunakan email untuk mengirim berita buruk
§      Jangan menulis dengan huruf kapital secara keseluruhan
§      Baca kembali sebelum mengirim
§      Gunakan kalimat yang singkat dalam berkomentar
§      Menahan diri untuk mengatur email anda dengan teks yang berwarna dan backgroundgambar-gambar
§      Tidak memberikan informasi personal
§      Harus memperhatikan hak ciptapenulis asli
§      Jangan spam
§      Menulis dengan jelas dan ringkas
§      Tetap pada topik pembicaraan, terutama ketika anda baru
§      Jangan posting materi berhak cipta saat anda tidak memiliki hak tersebut

Disamping beberapa etika yang harus diperhatikan disini ada beberapa tips dalam menulis online oleh Bradshaw yang disebut dengan BASIC:
§  Brevity (Ringkas / Singkat) Roberts Niles dalam How To Write For The Web menyebutkan The Shorter, the Better. Menulis dalam media online memang harus singkat. Hal ini terkait dengan daya tahan manusia yang terbatas ketika menatap layar. Jika tulisan dalam media online terlalu panjang, maka mata akan lelah membaca.
§  Adaptability (Kemampuan Adaptasi ) Teknologi yang berkembang begitu pesat menuntut siapapun yang menulis di media online untuk menyesuaikan diri. Jurnalis atau wartawan online dituntut menyajikan informasi-informasi dengan media yang konvergen. Maksud media yang konverg­­­­­­­en adalah jurnalis mampu memanfaatkanbaik audio, visual, video, ke dalam tulisannya. Media yang konvergen adalah salah satu kelebihan media online yang tidak dimiliki media lain sehingga harus dimaksimalkan. Tidak hanya dalam konvergensi media,
§   Scannability (Kemampuan untuk dipindai) Rata-rata kunjungan users ke sebuah website sangat singkat. Kunjungan selama 10 menit sudah dapat dikatakan cukup lama. Rata-rata users menilai sebuah situs hanya dalam seperduapuluh detik. Mengingat durasi yang sangat singkat, mengharuskan sebuah tulisan dalam media online menarik dan mudah untuk dipindai, enak dipandang mata, catchy, menarik perhatian. 

REFERENSI:

Bertens, K. 2003. Keprihatinan moral. Yogyakarta: Kasinius.
Isnanto, R.R. (2009). Buku ajar etika profesi. Semarang : Universitas Diponegoro.
https://srirahayuutami99.wordpress.com/2015/10/08/sip-etika-menulis-online/
§      Anonim. (2012). What is netiquette?. 
§      Kallos,J. (2004). Because netiquette matters!. Amerika Serikat: Xlibris Corporation.
§      Strawbridge, M. (2006). Netiquette. Inggris : Software Reference Ltd.
http://www.romelteamedia.com/2014/08/prinsip-cara-menulis-media-online-website.html
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi4zN3Ao8bPAhUKgI8KHUtZDHMQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fnichonotes.blogspot.com%2F2015%2F01%2Fetika-profesi-akuntansi-kode-etik.html&psig=AFQjCNFbRfd8sw8nG8NUMriDPS_agd7R7A&ust=1475846689176123

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲