HUBUNGAN ANTARA MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR DENGAN PSIKOLOGI

| Senin, 21 April 2014

          Banyak kita melihat masih banyak kurangnya pengetahuan yang luas mengenai pemahaman arti dari Ilmu Matematika, Ilmu Alamiah Dasar dan Ilmu Psikologi serta pemahaman tentang hubungan antara matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi. Banyak pemahaman yang berpandangan bahwa matematika hanyalah ilmu pasti yang mempelajari bagaimana cara memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan perhitungan angka-angka sedangkan psikologi hanya mempelajari seputar tentang sosial. Padahal kalau kita pelajari lebih mendalam, matematika itu tidak hanya berhubungan dengan angka-angka saja tetapi, matematika juga mempelajari tentang logika yang pada dasarnya secara alamiah logika sudah ada sejak manusia itu dilahirkan. Logika alamiah yang ada pada manusia adalah kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan yang subyektif. Oleh sebab itu, logika dapat mempengaruhi suatu tingkah laku manusia itu sendiri. Hal inilah yang menunjukkan bahwa matematika sanga berhubungan dengan ilmu Psikologi.


          Begitu juga halnya dengan Ilmu alamiah Dasar, banyak bidang studi yang merupakan unsur-unsur dari Ilmu Alamiah Dasar yang memiliki keterkaitan yang sangat erat seperti Ilmu Antropologi, Sosiologi, Biologi dan masih banyak lagi. Dalam hal ini setiap bidang studi itu membahasa konsep utama yang berhubungan erat dengan psikologi. Contohny apada ilmu biologi, dalam ilmu ini mempelajari tentang struktur-struktur ataupun keadaan jasmani manusia baik dari luar maupun dari dalam. Tentunya hal ini diperlukan dalam ilmu psikologi untuk mengetahui penyebab atau gejala-gejala yang dialami seseorang apalagi yang biasanya berhubungan dengan terganggu nya psikis seseorang.

          Ilmu matematika dikenal dengan ilmu yang tidak pernah lepas dari hitung-hitungan yang terdiri dari rentetan angka-angka atau yang biasa disebut dengan ilmu pasti. Kata Matematika berasal dari bahasa Yunani μαθηματικά – mathēmatiká yang berarti studi tentang besaran, ruang, angka dan perubahan. Ada beberapa para ahli yang mengemukakan opininya mengenai pengertian matematika, salah satunya adalah Johnson dan Rising (1972), dalam bukunya Ia mengatakan bahwa matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logika. Dalam bukunya juga dijlaskan matematika merupakan bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, dan dalam kesehariannya penggunaan dalam matematika lebih berupa bahasa simbol mengenai ide dari pada bunyi.

      Ada pula pendapat tokoh lain tentang matematika, yaitu A. Dadi Permana, beliau mengemukakan pendapatnya bahwa matematika adalah ilmu yang dapat digunakan sebagai alat bantu memecahkan masalah dalam berbagai bidang ilmu, seperti : ekonomi, akuntansi, astronomi, geografi dan antropologi. Opini lain disampaikan oleh Reys, dkk. (1984), “ia mengatakan bahwa matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, su atu jalan atau pola pikir, konsisten, inovatif dan kreatif.”

         Dari pemaparan ketiga tokoh mengenai definisi matematika dapa ditarik kesimpulan bahwa ciri utama ilmu bidang matematika adalah disiplin berpikir secara logis, konsisten, inovatif dan kreatif dalam memecahkan permasalahan yang ada yang berhubungan dengan susunan, ruang, bentuk besaran dan konsep-konsep yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

          Ilmu alamiah dasar (natural science), ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala alam semesta termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuklah konsep dan prinsip. Konsep yang dipelajari dalam ilmu alamiah dasar konsep hukum-hukum alam, baik tentang manusia tumbuhan maupun hewan. Ilmu Alamiah Dasar juga merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep dasar alam dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

         Psikologi berasal dari bahasa yunani yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara umum psikologi diartikan ilmu tentang jiwa. Beberapa para ahli mengemukakan pendapat tentang psikologi, diantaranya Muhibbin Syah (2001), mengatakan psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok terhadap hubungannya dengan lingkungan sekitar. Tingkah laku terbuka berupa psikomotor (duduk, berjalan, berbicara) sedangkan tingkah laku tertutup (berpikir, berkeyakinan, berperasaan).

         Pendapat lain tertera dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), menjelaskan psikologi adalah studi tentang perilaku manusia dan binatang, baik yang dapat dilihat maupun yang tak dapat dilihat secara langsung.

Hubungan antara Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi

          Hubungan antara matematika dengan ilmu jiwa atau psikologi saling keterkaitan. Dipandang dari sudut penghitungan hasil dari Tes IQ, dalam ilmu psikologi bisa menggunakan teori statistika yang digunakan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pola pikir dengan cara menghitung distribusi frekuensi kelompok dengan ukuran tendensi sentral dan letak nilai. Dan yang perlu kita ketahui antara hubungan matematika dan psikologi bahwa matematika membentuk pola pikir kritis, kreatif, inovatos, dan mandiri serta mampu menyelesaikan masalah secara tepat dan dapat ditanggung jawab kan.

          Ada beberapa materi yang dapat dikatakan berhubungan dengan psikologi, seperti Peluang dan himpunan. Pembahasan mengenai himpunan, dalam matematika himpunan adalah kumpulan unsur-unsur yang dipaparkan dengan jelas, dan penulisan himpunan diberi tanda kurung kurawal. Unsur-unsur yang terdapat didalam himpunan biasa disebut anggota atau elemen.

Contoh : à {............................}
Di dalam himpunan terdapat beberapa cabang himpunan sepeerti Himpunan yang Sama, Himpunan Bagian, Himpunan Semesta, Diagram Venn, Gabungan Himpunan, dan Irisan Himpunan. Pengambilan contoh yang mudah untuk dipahami dalam hubungan Matematika dan Psikologi adalah Irisan Himpunan.

Contoh :
Dalam matematika à A = {2,3,5,6,9}
B = {3,5,2,9}
Jadi, A B = {2,3,5,9}
Dalam psikologi à Orang ke-1 = {periang, egois, manaj, cerdas}
Orang ke-2 = {mandiri, cerdas, egois, sok tau, manja}
Jadi, Orang ke-1 Orang ke-2 = {cerdas, egois, Manja}

         Dari kedua bentuk himpunan, dapat ditarik kesimpulan hasil irisan nya diambil dari kesamaan yang terdapat dalam kedua anggota atau elemen pada kedua bentuk himpunan tersebut. Dalam hubungannya dengan ilmu psikologi pada bentuk himpunan yang kedua didapat bahwa matematika dapat digunakan dalam mengklasifikasikan sifat-sifat manusia yang dipelajarai dalam Psikologi. Walaupun dalam kenyataannya terdapat perbedaan yang sangat jelas antara matematika dan psikologi, yaitu matematika adalah ilmu pasti dan psikologi adalah ilmu sosial. Namun dalam hal ini sudah dapat dibuktikan bahwa ilmu pasti atau matematikan dapat di aplikasikan ke ilmu psikologi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
         
      Hubungan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi sangat erat. Contohnya antropologi dengan psikologi. Dalam hal ini kita mempelajari perilaku manusia dari peradaban yang berbeda-beda dari suku-suku yang banyak di /indonesia lalu Psikologi. Lalu peran sosiologi dengan psikologi, daam bahasan ini Sosiologi dan ilmu Psikologi membahas tentang masyarakat luas dan interaksinya dalam masyarakat luas. Adapula contoh bidang studi lain yaitu biologi dengan Psikologi. Biologi adalah ilmmu yang mempelajari tentang makhluk hidup baik manusia, hewan serta tumbuhan. Hal yan terkait dalam ilmu psikologi yaitu pada biologi membahas tentang struktur-struktur ataupun keadaan jasmani manusia baik dari luar maupun dari dalam. Tentunya hal ini diperlukan dalam ilmu psikologi untuk mengetahui penyebab atau gejala-gejala yang dialami seseorang apalagi yang biasanya berhubungan dengan terganggu nya psikis seseorang.

            Pembahasan dalam bidang studi Ilmu Alamiah Dasar berfokus pada mengenali dan mencari tahu tentang kejadian-kejadian yang ada di semesta termasuk bumi dan seisinya. Konsep utama bidang studi ini adalah mendalami tentang dasar-dasar ataupun karakteristik manusia. Hal ini yang merupakan keterkaitannya dengan ilmu psikologi, karena pada dasarnya ilmu psikologi adalah ilmi yang membahas pola ataupun karakteristik tentang manusia.


 DAFTAR PUSTAKA 
http://hestipurwaningsih94.blogspot.com/2013/04/definisi-dan-tujuan-ilmu-alamiah-dasar.html
http://wardatuladawiyah.wordpress.com/2013/06/26/hubungan-antara-ilmu-alamiah-dasar-dengan-ilmu-psikologi/
http://dinarputri24.wordpress.com/2013/04/05/hubungan-psikologi-dengan-matematika-dan-iad/
http://fransiska-significatodiunnome.blogspot.com/2011/02/hubungan-psikologi-dan-matematika.html


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲